Minggu, 03 September 2017

#

Morning Coffee: Menu Kopi Tua dari Korea

Jadi inspirasi blogpost datang ketika saya nonton salah satu reality show kuliner Korea berjudul Baek Jong Won’s Top 3 Chef King. Di episode terbarunya, Chef Baek Jong Won mengunjungi kedai kopi tertua di Korea dan mereka menyajikan menu kopi paginya dengan nama Morning Coffee.

Jadi Morning Coffee di kedai kopi tersebut disajikan dengan kuning telur (egg yolk) di dalamnya. Rupanya menyajikan kopi hitam dengan kuning telur di dalamnya adalah salah satu resep kopi yang sudah sangat tua.

Di Indonesia minum kopi dengan kuning telur terkenal di daerah Sumatra Barat dengan Kopi Talua-nya. Teman saya Ichil dan Febi pernah membahasnya di blog mereka (ioflife).

Di Asia Tenggara, Vietnam adalah salah satu negara yang menyajikan kopi dengan cara tersebut. Dan dengar-dengar di Norwegia kopi yang disajikan dengan telur kuning juga hal yang biasa.

Jadi kenapa kuning telur? Jadi penasaran juga sih sebetulnya.

Jadi ada 2 alasan kenapa menu kopi Korea ini memasukkan kuning telur ke dalam kopinya:

Kuning telur membantu bubuk kopi untuk lebih cepat tenggelam ke dasar gelas.
Kuning telur mengikat salah satu zat pahit dalam kopi sehingga kopi terasa lebih ringan dan menyenangkan. Rasa pahit tersebut masih terasa walaupun tidak terasa kuat seperti sebelumnya (orang Indonesia suka kopi yang pahit).
Nah Chef Baek Jong Won juga membagi tipsnya, jangan mengaduk kuning telur di dalam kopi jika kopi kamu hanya kopi hitam. Aduklah kuning telur dengan kopi dan susu kental manis (alias kopi susu).



Atau kalau mau cara kopi ala orang Vietnam, begini resepnya:

Campur kuning telur dengan susu kental manis dalam 1 mangkok kecil dan aduk hingga teksturnya halus dan berbusa.
Ambil sedikit kopi yang sudah kamu buat dan campurkan dalam ‘adonan’ kuning telur dan susu kental manis tadi, aduk bersamaan.
Tuangkan kopi hitam yang sudah kamu buat terlebih dahulu, baru tuangkan di atasnya ‘adonan’ yang sebelumnya sudah kamu buat. Dan nikmatilah kopi ala Vietnam dengan kuning telur di dalamnya.
Saya sendiri secara tidak sadar ketika mengunjungi Kopi Tiam selalu memesan kopi susu dan telur setengah matang bersamaan. Secara tidak sadar saya menikmati cara minum kopi dengan telur setengah matang.

Saya curiga minum kopi dengan kuning telur ini juga populer di Singapura dan Malaysia di mana budaya Kopi Tiam ini berasal.

Ada yang mau share tentang budaya minum kopi dengan kuning telur ini? Setelah mengetahui Morning Coffee ala Korea ini, saya merasa kopi pagi versi saya menjadi biasa saja.




source: blog.tukangmakan.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @soratemplates